Banner

10 Hewan Terpintar

Senin, 28 Januari 2013

Manusia adalah makhluk terpintar di dunia karena manusia punya otak kompleks yang memungkinkan manusia punya akal pemikiran yang melebihi makhluk lainnya.
Manusia bisa menggunakan peralatan, membaca situasi di sekitarnya dan punya kesadaran diri. Tapi tidakkah ini membuat kita manusia berpikir, benarkah semua hewan itu sama saja? tidak adakah jenis hewan yang lebih pintar dibandingkan hewan lainnya?
Yuk simak tulisan dibawah tentang 10 hewan yang bisa dianggap terpintar di dunia.

Hewan Terpintar Di Dunia nomor 10: BABI
Walau reputasi hewan ini tidak terlalu bagus, percaya atau tidak babi dianggap sebagai hewan peliharaan terpintar — bahkan lebih pintar daripada anjing.
Bahkan dalam studi, kepintaran babi setara dengan kepintaran anak umur 3 tahun. Studi yang dimaksud adalah pengamatan permainan. Babi dapat membedakan mana benda yang pernah mereka lihat dan mana yang belum menggunakan moncong (hidung dan mulut) mereka. Babi juga bisa fokus pada sesuatu dimana para peneliti perilaku hewan tidak temukan di hewan lain, termasuk simpanse.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 9: TIKUS
Tikus dinilai pintar karenanya para ilmuwan senang menggunakan hewan ini sebagai hewan uji. Tikus bisa diajari menyelesaikan permainan labirin, dengan mencoba dan mengalami kegagalan juga di sana sini.
Agak sulit mengukur seberapa pintar tikus dari manusia — namun mereka bisa saja menemukan celah / lubang dari suatu pakaian, mengalahkan para designer.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 8: MONYET RHESUS
Sudah banyak yang tahu kalau Monyet Rhesus itu cerdas  — mereka bisa mengikuti instruksi sederhana dan mereka bahkan menunjukkan sikap sadar diri. Mereka punya sosialitas kompleks dimana hubungan antar mereka berkembang lama dan punya tingkat hirarki.
Beberapa ilmuwan bahkan menyakini bahwa tingkat emosi monyet ini mirip tingkat emosi manusia dibanding hewan lainnya.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 7: BURUNG GAGAK

Burung gagak itu adalah burung yang menakjubkan — mereka menunjukkan kalau mereka bisa menggunakan alat, suka permainan dan olah raga, bahkan menggunakan umpan saat memancing.
Studi pernah dilakukan, dan ternyata burung gagak itu bisa membedakan manusia dari ekspresi muka.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 6: BURUNG KAKAK TUA ABU-ABU AFRIKA / AFRICAN GREY
Berkat kepintarannya burung kakak tua African Greys tidak hanya bisa menirukan suara / kata-kata, tapi mereka juga mengerti apa artinya.
Kemampuan daya pikir mereka bahkan bisa disejajarkan dengan hewan yang memang dikenal pintar seperti lumba-lumba dan simpanse. Dua ekor burung African Greys jika bersama mereka bisa memecahkan suatu masalah.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 5: ANJING JENIS BORDER COLLIE
Anjing Border Collies memang dikenal sebagai anjing terpintar di kalangan para anjing. Bahkan ada seekor anjing Border Collie, bernama Chaser, bisa mengerti lebih dari 1000 kata! Anjing ini suka bekerja dan berteman — ini yang menjadi aspek penting yang membedakan kepintaran mereka dari hewan lainnya. Mereka memang suka berteman dan bekerja sama dengan manusia.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 4: ORANGUTAN
Hewan primata Orangutan memang dikenal bisa menggunakan alat-alat yang cukup rumit, dan yang lebih mengagumkannya lagi, penggunaan alat yang sama bisa berbeda untuk kelompok orangutan yang berada di daerah lain, hal ini biasa pada manusia.
Orangutan juga merupakan satu-satunya hewan yang bisa membedakan nilai dan keuntungan pertukaran barang. Mereka mengerti arti pertukaran barang.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 3: GAJAH
Gajah sering disebut raksasa lemah lembut, adalah hewan yang punya sifat peduli pada sesama dan tidak egois. Mereka bahkan dikenal suka membantu hewan lainnya, bahkan termasuk membantu manusia, jika mereka terluka atau kesakitan.
Mereka bahkan bisa mengobati diri sendiri, mengerti ritual pemakaman dan gemar bermain. Mereka juga menunjukkan kalau mereka punya kesadaran diri, dimana ini jarang terlihat dari mereka yang bukan manusia.
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 2: LUMBA-LUMBA
Lumba-lumba adalah penghuni lautan yang suka bersosial dan baik hati. Mereka juga bisa menggunakan peralatan, punya pemikiran bebas dan bisa memecahkan masalah, dan mereka punya sifat sadar diri yang kuat.
Mereka dilaporkan suka menolong para nelayan menangkap ikan (yang pasti mereka akan diberi imbalan ikan juga karenanya.)
Hewan Terpintar Di Dunia nomor 1: SIMPANSE
Selain manusia, simpanse mungkin hewan yang paling beradab dibandingkan hewan lainya. Seekor simpanse bisa menghargai sebuah pemandangan alam yang indah sepeti halnya manusia.
Mereka juga bisa melakukan permainan pura-pura, seperti menimang-nimang batu seakan batu itu adalah bayinya.
Simpanse juga bisa menggunakan alat, mengerti ritual berkabung dan punya rasa hormat hewan yang tidak berbahaya.
Fakta luar biasa lainnya, seekor simpanse mengerti nilai angka 1 sampai dengan 9, mereka bisa tertawa dan mengerti bahasa isyarat manusia, bahkan mereka bisa menipu dan memanipulasi.
========================
Menarik ya?
Jadi jika anda bertemu hewan-hewan di atas, anda tidak boleh menganggap mereka hewan bodoh, karena memang mereka adalah yang terpintar dari semua hewan yang ada.
Sebagai makhluk yang tercipta lebih pintar, kita harus menghormati hal itu.
========================
Sumber : http://nikensekarsari.com/hewan-terpintar-di-dunia/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Safan Maulana Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger