Banner

Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa

Selasa, 29 Januari 2013

 
    Sebelum mengetahui  tips menyelamatkan diri saat gempa ada baiknya untuk mengerti apa yang dimaksud dengan gempa.

 
    Gempa adalah pergeseran lempeng bumi yang secara tiba-tiba. Gempa menimbulkan getaran yang disebut getaran seisimik.

Berikut ini tips menyelamatkan diri saat gempa :


1.         Tetap tenang. Kenali keadaan sekitar anda.

2.      Kalau Anda berada di lantai satu sebuah ruangan, ukur jarak Anda  dengan pintu keluar yang paling dekat. Kalau jarak Anda tidak lebih dari 12 meter, segeralah keluar secepat mungkin karena anda hanya punya waktu 3 menit sebelum tertimpa runtuhan gempa. Kalau sampai jatuh, tetaplah merangkak menuju pintu, jangan buang-buang waktu untuk bangkit dan berlari. Kalau jarak anda lebih dari 12 meter, tetaplah berusaha sedekat mungkin mencapai pintu supaya lebih mudah ditemukan oleh tim SAR.

3.      Jangan bersembunyi di bawah tempat tidur. Berbaringlah disebelah tempat tidur atau benda besar lainnya (seperti sofa atau lemari) yang walau remuk menyisakan ruangan kosong di sampingnya.

4.        Kalau anda berada di lantai dua, dan mau menggunakan tangga untuk turun, pastikan anda bisa melakukannya dalam waktu satu menit sebelum gempa menghancurkan tangga dan diri anda.

5.      Kalau anda tinggal di daerah rawan gempa, ada baiknya anda menyiapkan P3K dan perlengkapan mengungsi di dekat pintu atau tempat yang mudah dijangkau saat anda menyelamatkan diri.

6.      Kalau anda berada dalam perjalanan menggunakan mobil saat gempa terjadi, segera keluar dari mobil. Cari tempat yang jauh dari gedung dan secepatnya pergi bila sedang berada di atas jembatan.  
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Safan Maulana Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger