Banner

Misteri Makhuk Banshee

Senin, 11 Februari 2013






Banshee
(diucapkan / ː bænʃi /, BAN-Shee), dari kacang Irlandia [sídhe b ʲ æn ʃi ː] ("perempuan dari sisi" atau "wanita dari gundukan peri") adalah roh perempuan dalam mitologi Irlandia, biasanya dilihat sebagai pertanda kematian dan utusan dari Dunia Lain. mitra Skotlandia nya adalah shìth kacang (juga dieja kacang-shìdh).

SI aos (orang dari gundukan, orang perdamaian) adalah berbagai diyakini sebagai warisan dari dewa Gaelic pra-Kristen, roh alam, atau nenek moyang. Beberapa Theosofls dan Kristen Celtic telah dirujuk ke aos Si sebagai "malaikat yang jatuh".

Ikhtisar

Cerita tentang sidhe-kacang dimulai sebagai seorang wanita peri keening pada kematian tokoh penting. Dalam cerita-cerita kemudian, munculnya Banshee bisa meramalkan kematian. Banshees dikatakan muncul bagi keluarga Irlandia tertentu, meskipun yang membuat keluarga ke daftar ini bervariasi tergantung pada siapa yang menceritakan cerita.

Banshee bisa muncul dalam berbagai samaran. Paling sering ia muncul sebagai perempuan jahanam jelek menakutkan, tapi ia juga dapat muncul sebagai seorang wanita luar biasa cantik usia apapun yang cocok untuknya. Dalam beberapa cerita, sosok yang pertama kali muncul menjadi Banshee "" ini kemudian diturunkan menjadi dewi perang Irlandia, yang Morrígan. tas ini juga dapat muncul sebagai seorang wanita tukang cuci, atau kacang-nighe (cuci perempuan), dan terlihat mencuci pakaian bernoda darah atau baju besi dari orang-orang yang hampir mati.

Meskipun tidak selalu terlihat, suara dia berkabung terdengar, biasanya di malam hari ketika ada orang yang akan mati dan biasanya di sekitar hutan. Pada 1437, Raja James I dari Skotlandia didekati oleh seorang pelihat Irlandia atau Banshee yang diramalkan pembunuhan atas dorongan Earl of Atholl. Ini adalah contoh dari setan dalam bentuk manusia. Ada catatan Banshees beberapa manusia atau nabi menghadiri rumah besar Irlandia dan pengadilan raja Irlandia lokal. Di beberapa bagian Leinster, dia disebut sebagai chaointe kacang (wanita keening) yang dapat meratap begitu menusuk itu menghancurkan kaca. Dalam Kerry di barat daya Irlandia, dia ingin berpengalaman sebagai "rendah bernyanyi, menyenangkan"; di Tyrone di utara, sebagai "suara dari dua papan diserang bersama-sama", dan di Pulau Rathlin sebagai "suara, tipis melengking suatu tempat antara lengkingan seorang wanita dan erangan burung hantu ".

Banshee juga dapat muncul dalam berbagai bentuk lain, seperti yang dari gagak bertudung, cerpelai, hewan kelinci dan musang - terkait di Irlandia dengan sihir.

mitologi
Dalam legenda Irlandia, banshee meraung terdekat jika ada orang yang akan mati. Ada keluarga tertentu yang diyakini memiliki Banshees yang menyertainya, dan yang menangis menyambut kematian seorang anggota keluarga itu.

Secara tradisional, ketika warga dari desa Irlandia meninggal, seorang wanita akan menyanyikan ratapan (di Irlandia: caoineadh, [kɰi n ː ə ʲ] atau [ki ː n ʲ u ː], "caoin" yang berarti "menangis, meratap") di pemakaman warga negara. Ini penyanyi wanita kadang-kadang disebut sebagai "keeners" dan keeners terbaik akan permintaan banyak. Legenda mengatakan bahwa untuk lima keluarga Gaelic besar - Keluarga O'Grady, yang O'Neills, yang O'Briens, keluarga O'Connor, dan Kavanaghs - ratapan akan dinyanyikan oleh seorang wanita peri; tinjauan ke masa depan memiliki, dia akan bernyanyi ratapan ketika seorang anggota keluarga meninggal, bahkan jika orang yang telah meninggal jauh dan berita kematian mereka belum datang, sehingga lolongan banshee itu adalah peringatan pertama rumah tangga itu kematian.

Dalam versi kemudian, Banshee mungkin muncul sebelum kematian dan memperingatkan keluarga dengan ratapan. Ketika beberapa Banshees muncul sekaligus, menunjukkan kematian orang hebat atau suci. cerita kadang-kadang menceritakan bahwa wanita, meskipun disebut peri, adalah hantu, seringkali seorang wanita dibunuh tertentu, atau seorang wanita yang meninggal saat melahirkan.

Banshees sering digambarkan sebagai berpakaian putih atau abu-abu, sering memiliki rambut panjang yang adil yang mereka sikat dengan sisir perak, seorang sarjana detail Patricia Lysaght atribut kebingungan dengan mitos putri duyung lokal. Detail sisir ini juga terkait dengan kisah berabad-abad Irlandia tradisional romantis itu, jika Anda pernah melihat sisir tergeletak di tanah di Irlandia, Anda tidak boleh mengambilnya, atau Banshees (atau putri duyung - cerita berbeda), setelah ditempatkan di sana untuk memancing manusia yang tidak menaruh curiga, akan roh manusia mudah tertipu sedemikian rupa. cerita lain menggambarkan Banshees sebagai berpakaian hijau, merah, atau hitam dengan jubah abu-abu.

Banshees yang umum dalam cerita rakyat Irlandia dan Skotlandia seperti yang dicatat oleh penulis Irlandia-Amerika Herminie T. Kavanagh. Mereka menikmati status mistis sama di Irlandia sebagai peri dan leprechaun. Banshees terus muncul dalam fiksi modern yang berhubungan dengan mitologi, cerita rakyat atau supranatural.

Budaya Celtic

Dalam cerita rakyat Welsh, makhluk yang sama dikenal sebagai perempuan jahanam dari kabut.

perempuan jahanam dari kabut

perempuan jahanam dari kabut, dikenal di Welsh sebagai] 2 Gwrach-y-Rhibyn atau Cyoeraeth, adalah roh tas sebanding dengan Banshee Irlandia. Seperti setan itu, Hag dari kabut digambarkan sebagai seorang wanita jelek, yang menjerit atau menangis dikatakan memperingatkan dari kemalangan atau kematian.

Sering tak terlihat, dia kadang-kadang dapat dilihat di persimpangan jalan atau sungai ketika kabut naik.

menjerit-nya memperingatkan datang kemalangan atau bahkan kematian. Jika itu adalah kematian yang akan datang, nama yang ditakdirkan mati akan didengar dalam "tenor melengking-nya". kemalangan mungkin datang ke orang mendengar suaranya, atau seseorang dalam keluarga mereka.

Sumber : http://akudanmitologi.blogspot.com/2010/08/banshee.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Safan Maulana Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger