Banner

Kuliner di Perancis

Minggu, 10 Februari 2013

Bon Apetit!
Yuk, berkenalan dengan beberapa hidangan Perancis yang terpopuler.
Walaupun mungkin ada sebagian dari kita yang muslim, mungkin tak bisa menikmatinya , karena dalam beberapa masakan ini ada yang dimasak dengan menggunakan lemak babi (lardon) dan juga minuman beralkohol seperti wine , cognac atau sherry.


Ratatouille

Yang khas dari makanan ini adalah makanan ini jenis sayuran yang digunakan. Semuanya merupakan jenis sayuran musim panas, seperti zucchini, terong, paprika dan wortel, kemudian dimasak dengan sedikit minyak olive (minyak zaitun).
Soupe L’oignon Gratinee ( Onion Soup)

Keistimewaannya terletak pada bawang bombay yg ditumis hingga berwarna kecoklatan, dan menjadi karamel, kemudian ditambahkan Cognac (alkohol 40%) atau Sherry(alkohol 15%) sehingga menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Diatasnya ditambahkan keju dan crouton atau irisan baguette dan dipanggang dengan api atas (gratin).
La Salad Truffe (Truffle Salad)


Salah satu olahan paling populer dari bahan baku jamur ini adalah Truffle Salad, yang disajikan bersama saus Hollandaise. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai appetizer ( hidangan pembuka selera).Salad ini sangat digemari karena aromanya yang sangat memikat. Hidangan ini juga tergolong mahal karena truffle adalah salah satu jamur terlangka di dunia.
Foie Gras Terrine

Hidangan klasik dari Perancis ini, terbuat dari angsa yang dipanggang bersama lemak babi (bacon) . Keistimewaaan dari hidangn ini adalah angsa yang akan digunakan hatinya, terlebih dulu diberi pakan biji bijian (jagung) agar ukuran hati menjadi lebih besar sekitar 2 kali dari ukuran semula.
Stuffed Escargot Garlic Butter

Hidangan ini diolah dengan cara dimasak mentega dan bawang putih. Tidak heran jika aroma bawang putih yang sangat kuat. Untuk menikmatinya, harus menggunakan penjepitnya (open ricer), sekilas bentuknya seperti tang, hanya saja kepalanya berbentuk bulatan yang berfungsi menjepit cangkang dari escargot.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Safan Maulana Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger